Monday, October 16, 2017

Begini Cara yang Benar Bikin Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat!


Rupasehat - Jus semangka itu memang nikmat untuk dikonsumsi, apalagi di saat cuaca panas. Tapi, taukah Anda kalau jus semangka itu juga bisa obati asam urat jika dibuat dengan cara yang benar.

Begini cara buat jus semangka untuk sembuhkan asam urat.


Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya yang perlu diperhatikan adalah buah semangka dikonsumsi sebelum makan.

Sementara itu, menurut Imam adz-Dzhahabi efek negatif yang kadang timbul ketika mengonsumsi buah semangka dapat dinetralisasi dengan mengonsumsi jahe.

Dalam memilih semangka, kiranya juga dapat mengutip perkataan Abu Mishar al-Ghassani. “Jika membeli semangka, ayahku suka berkata: ‘Wahai anakku, hitunglah garis yang ada di dalamnya. Jika satu, buah itu diciptakan untuk menjadi manis.” (Ath-Thibbun Nabawi)62

Untuk membuat jus semangka, yang perlu disiapkann adalah dengan menyiapkan buah semangka segar yang matang dalam ukuran sedang. Semangka memiliki kandungan air sangat tinggi mencapai hingga 93 persen maka semangka tidak membutuhkan tambahan air ketika dibuat jus. Jangan menambahkan es atau susu karena hanya akan memperpanjang waktu cerna jus semangka.

Sebelum dijus, kupaslah kulit terluar semangka dan membiarkan bagian daging semangka yang berwarna putih. Semangka lalu dipotong-potong agar memungkinkan mudah untuk diblender.

Buah semangka adalah salah satu buah kegemaran oleh Rasulullah ﷺ. Diriwayatkan oleh Abu Daud dan At-Tirmidzi dari Nabi bahwa beliau pernah menyantap semangka dicampur dengan kurma muda yang sudah masak, beliau bersabda, “Panas di buah ini dinetralisir oleh unsur dingin di buah ini.”

Buah semangka, atau yang dalam istilah bahasa arab disebut dengan biththikh adalah buah banyak manfaatnya. Apalagi bagi penderita asam urat pun tak perlu risau jikalau saja mengerti cara memanfaatkan buah manis yang satu ini.

Dari Ibnu Abbas secara marfu, “Semangka adalah makanan, minuman dan raihan (tanaman harum), mencuci kandung kencing, membersihkan perut, memperbanyak air punggung, membantu bercampur, mencerahkan kulit dan mengatasi kelemahan.” (Kitab Ath-Thibbun Nabawi).

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

Back To Top